BUNEX, SELARASKAN KONSEPSI DAN AKSI
Sektor perkebunan merupakan penyumbang terbesar devisa di bidang pertanian, mencapai 93,20% atau 12,91% secara nasional. Tahun ini fokus pembangunan perkebunan diarahkan pada perbenihan unggul dan peremajaan. Penguatan tata kelola perbenihan sangat penting untuk menjamin keberlangsungan perkebunan di Indonesia. Ada sekitar 305 ribu hektar lahan perkebunan aneka komoditas perlu dilakukan peremajaan. Selain itu, hilirisasi produk perkebunan sangat penting dilakukan. Produk-produk perkebunan tidak boleh lagi dijual sebagai bahan segar namun sebagai produk yang telah diolah untuk meningkatkan nilai tambah. Pemerintah, pengusaha, dan petani adalah andalan untuk suksesnya pembangunan bangsa.
Bunex menjadi momentum melakukan konsolidasi untuk membangun idealisme nasionalisme, menerima feedback, mengkonsolidasikan serta menselaraskan konsepsi untuk melakukan aksi perbaikan dan peremajaan lahan yang ada, serta hilirisasi produk perkebunan.
Tambang emas hanya 24 karat, tapi perkebunan 100 karat. Emas akan habis dan meninggalkan lubang-lubang besar, tapi perkebunan akan terus ada namun tentu harus terus dilakukan perbaikan dan peremajaan. Dunia membutuhkan perkebunan pertanian Indonesia, dan hilirisasi perkebunan akan menjadi kekuatan Indonesia. Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., M.H. dalam pembukaan Perkebunan Indonesia Expo (Bunex) 2023 di ICE BSD Tangerang, Banten.
Expo yang mengusung tema *Penguatan Hilirisasi Perkebunan untuk Ketahanan Ekonomi Global* diselenggarakan pada 7-9 September 2023, oleh Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian dan didukung oleh berbagai perusahaan dan UMKM perkebunan dari seluruh Indonesia. Berbagai produk dan alat mesin dipamerkan di expo ini. Tidak ketinggalan berbagai lembaga keuangan dan permodalan juga turut meramaikan expo yang semarak dan menarik ini. Dan, dari expo ini tersirat nyata bahwa perkebunan Indonesia telah jauh berkembang dibandingkan bidang pertanian lain di Indonesia karena para pelakunya telah sadar betul bahwa standar sangat penting untuk kepercayaan konsumen di seluruh dunia.
Ketika kepercayaan konsumen telah terbentuk, maka usaha bisnis pun akan lebih mudah dijalankan.